Rabu, 22 Mei 2019

Kelebihan Dan Kekurangan Usaha Dalam Membuat Aneka Kue

Namun selain itu ada juga kelebihan lainnya dari membuka usaha yang satu ini, berikut penjelasannya :
  • Modal kecil
Salah satu kendala yang sering dihadapi seseorang untuk mulai berwiraswasta adalah perlunya modal yang besar untuk memulainya. Tetapi, dalam bisnis kue ini, hanya dengan ratusan ribu saja Anda dapat memulai mencoba bisnis ini. Hal ini karena Anda hanya perlu membeli bahan baku kue yang harganya tidak mahal dan membuatnya menjadi kue yang layak untuk dijual.
  • Mudah membuat kue
Salah satu kendala yang dihadapi adalah merasa tidak berbakat untuk membuat kue atau tidak pandai memasak. Hal ini sebenarnya bukanlah kendala, karena membuat kue dapat dilakukan oleh siapa saja. Misalnya, Anda dapat mencoba menjual gorengan atau kue lain yang mudah dicoba. Belum lagi, kue tradisional yang banya disukai dan mudah dibuat. Anda dapat mencobanya dengan melihat buku resep yang bayak dijual di toko buku atau mengikuti kursus masak untuk menambah pengetahuan dan rasa percaya diri Anda.
  • Pangsa pasar besar
Kebiasan ngemil atau makan makanan kecil sangat umum di dalam masyarakat. Kebiasaan ini memberi keuntungan bagi para pengusaha kuliner. Kue biasa diperlukan dalam acara-acara seperti arisan, pesta, seminar atau saat kumpul keluarga. Anak-anak juga memerlukan bekal saat berangkat sekolah dan kue menjadi salah satu pilihan untuk mereka atau saat istirahat, anak sekolah umumnya membeli kue-kue untuk dimakan. Karyawan di kantor pun biasa membeli kue-kue untuk mengisi waktu senggang.
Risiko kecil
Khususnya untuk kue kering, apabila belum habis, kue tidak rusak dan masih dapat dijual sampai beberapa hari. Sedangkan, untuk kue basah memang risiko lebih besar karena mudah rusak, tetapi bila tidak habis dapat dinikmati untuk keluarga. Ini membuat risiko yang harus ditanggung tidak besar. Tetapi, memang diperlukan perhitungan kue yang dibuat agar tidak berlebih atau terbuang menjadi terlalu banyak.



Kekurangan / Hambatan dalam Bisnis Kue

Selain kelebihan tentu saja memiliki kekurangan. Ada beberapa hambatan yang mungkin akan terjadi dalam berbisnis kue ini. Dalam menjalankan usaha atau bisnis halangan dan rintangan merupakan hal umum yang dihadapi setiap pelaku usaha. Oleh sebab itu anda harus siap dengan semua hambatan yang mungkin terjadi. Dalam bisnis kue rumahan ada beberapa hambatan yang harus anda hadapi :
  • Persaingan semakin ketat karena yang menjalankan usaha ini sudah banyak sehingga untuk mengembangkan usaha kue anda harus banyak berinovasi misalnya dengan menciptakan rasa baru dan menghias kue menjadi lebih unik dan menarik.
  • Selain harus pintar membuat Inovasi agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lain yang sudah lebih dulu maka anda juga harus pandai memasarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar